Contoh Laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) 2018/2019

Contoh Laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan 2018/2019



Salam semangat buat Para Guru Hebat. Peran guru professional dalam proses pembelajaran sangatlah penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru Profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. 

Hal demikian menjadikan Guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun Pemerintah Daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi Guru. 

Pengembangan Keprofesian Guru Melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) merupakan Upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. 

Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasilnya menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam peguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. 

Sebagai tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan Guru paska UKG pada tahun 2016 dan dilanjutkan pada tahun 2017 dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. 

Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini bertepatan pada bulan November Para Guru TK di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, berkesempatan untuk mengikuti Program Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Setelah dilaksanakan pembelajaran yang dikembangkan melalui Modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru Moda Tatap Muka dan Moda Daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi.  Para Guru yang telah mengikuti program tersebut diberikan Tugas Mandiri, sebelum diberikan Tugas Mandiri para guru juga telah diberikan beberapa tugas kelompok. 


Berikut ini adalah Tugas Mandiri yang diberikan kepada Guru yang mengikuti Program Keprofesian Berkelanjutan (PKB): 

SOAL:


soal tugas mandiri PKB Kelompok Kompetensi G





Baca Disini: Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kelompok Kompetensi B
Baca Disini: Modul Pengembanagan Keprofesian Berkelanjutan Kelompok Kompetensi G 


Contoh Laporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) bagi Guru:





Demikianlah informasi yang dapat admin bagikan, semoga bermanfaat buat Guru-guru semuanya. Salam semangat dan salam satu data.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel